Selasa, 12 Juni 2012

The Spaghetti Incident? (1993)


Album ini adalah album unik dari Guns n’ Roses, karena berisi lagu-lagu kover dari band-band punk dan glam rock di akhir 1970-an dan awal 1980-an. Kebanyakan dari lagu-lagu dalam album ini direkam bareng Izzy Stradlin selama sesi Use Your Illusion I dan II dan kemudian direkam ulang bersama Gilby Clarke (pangganti Izzy). Lagu-lagu ini awalnya di maksudkan untuk di gabungkan kedalam album Use Your Illusion agar dapat tiga CD ( dan bahkan mungkin bisa empat CD ), walau akhirnya di putuskan hanya menjadi dua CD yaitu Use Your Illusion 1 dan 2.
Pada tahun 1992 mereka bersiap-siap membuat track-track yang ada menjadi sebuah EP, dengan Gilby Clarke menggantikan posisi Izzy Stradlin. Namun kemudian mereka memutuskan untuk merilis full album dan merekam beberapa track lagi. Bassist Duff McKagan banyak bernyanyi di album ini dan Michael Monroe ( Hanoi Rocks ) muncul sebagai bintang tamu di Ain’t it Fun. Ini adalah album terakhir GnR dengan Slash, Duff McKagan, dan Matt Sorum. dan satu-satuna album yang menyertakan Gilby Clarke. Ini juga menjadi album studio terakhir mereka sampai 15 tahun kemudian dengan Chinese Democracy, dan album terakhir sampai dirilisnya Live Era ’87-’93 enam tahun kemudian.
“The Spagetti Incident?” mencapai No4 d Billboard 200, terjual 190.000 album di minggu pertama di rilis, secara signifikan kurang dari rilis sebelumnya. Judul yang di pakai ini di ambil dari pertengkaran Axl dengan Adler yang melibatkan Spaghetti yaitu ketika Axl melempar sepiring spaghetty ke wajah adler. Judul ini keluar dari mulut pengacara Steven Adler pada saat Adler sedang bersidang atas band yang mengatakan “Spaghetti Incident”. Arti ini di jelaskan oleh Matt Sorum waktu wawancara dengan Much Music dan di ferifikasi oleh Slash dalam buku Autobiography-nya, Slash.

Waktu diskusi antara Rose dan Slash untuk membuat kover album ini dalam pembuatan video Estranged, disepakati kalau judul itu dengan tanda kutip dan tanda tanya. Album ini di rilis secepatnya setelah Use Your Illusion world tour selesai di pertengahan tahun 1993. Kopi vinil dari album ini di buat dari plastik jernih warna orange, dan CD nya di rilis dengan design warna dan tanda: lingkaran Black concentric di pinggiran luarnya dan warna nila dan merah darah menunjukkan lukisan tentang setan Jack-O lantern yang sedang memakan Spaghetti, menempatkan kepalanya di tengah, yang akan dirubah ( tahun 1997 ) menjadi sangat sederhana dengan warna palin silver.
Disamping beberapa protes dari rekan-rekan satu bandnya, kover yang tak di iklankan dari lagunya Charles Manson “Look at Your Game, Girl” telah di masukkan ke dalam album ini atas dasar permintaan Rose. Rilis Cd nya tidak memberikan nomor untuk track ini. Ini hanya bisa didengarkan pada akhir dari track 12. Di awal tahun 2000, Rose mangatakan akan menghappus “Look at Your Game, Girl” karena banyaknya kritik dan misinterpretasi media tentang ketertarikan nya terhadap Manson dan masyarakat tidak layak lagi mendengarkan lagu ini. Bagaimananpun lagu ini tetap hadir di album, dan reissue album ini Look At Your Game, Girl malah menjadi resmi di Track No13.
Track pertama, Since I don’t Have You ditampilkan beberapa kali sebagai pembuka buat Sweet Child O’ Mine dan Paradise City pada tahun 1992 dan 1993. Down On The Farm ditampilkan full durasi pada tahun 1990 di Farm Aid IV, ini juga di mainkan beberapa kali sepanjang tur Chinese Democracy pada tahun 2006. GnR menampilkan “Hair Of The Dog” sekali pada tahun 1988, dan pada waktu lain tahun 1990. Attitude malah lebih sering di tampilkan selama tur Use Your Illusion. Dan Duff masih memainkannya di Loaded dan solo karirnya. Lagu lain yang di mainkannya adalah “New Rose”, “You Can Put Your Arms Around A Memory”, dan “Raw Power”. Lagu lagu an yang gak pernah di tampikan secara live oleh Guns n’ Roses namun di mainkan oleh anggota yang lain di proyek sampingan mereka, seperti supergrup nya Matt Sorum Camp Freddy, yang memainkan kover lagu-lagu tenar.
Album ini telah mengalami berbagai review campuran selama di rilis, majalah Rolling Stone memberikan rating 3,5 bintang dari 5 bintang untuk album ini, rating paling rendah yang di berikan majalah ini untuk album-album Guns n’ Roses. Namun Band  Rapshody memuji album ini sebagai album kover yang paling mereka sukai.
- Since I Don't Have You               - Buick Mckane
- New Rose                                         - Hair Of The Dog
- Down on the Farm                        - Attitude
- Human Being                                  - Black Leather
- Raw Power                                      - You Can’t Your Arms Around A Memory
- Ain't it fun                                       - I Don’t Care About You dan Look At Your Game Girl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar