Selasa, 12 Juni 2012

DJ ASHBA


DJ ASHBA (2009-sekarang)
        
Dan pada tahun 2009 Akhirnya terjawab sudah siapa pengganti Robin Finck di Guns N’ Roses (Gn’R). Pria beruntung itu bernama DJ Ashba suka atau tidak yang pasti Axl sudah mempercayakan tongkat estafet lead gitar kepadanya. Tidak seperti perkiraan sebelumnya dimana terdapat nama-nama besar dari Zakk Wylde hingga Eki Altarijaah, ternyata Axl lebih mempercayakan pos lead gitar kepada gitaris semenjana macam Ashba ini. Track recordnya sebagai mantan gitaris di grup solo Nikki Sixx (eks Motley Crue), Sixx A.M jelas tidak populer sama sekali di jagat rock.
Berbeda saat kehilangan Buckethead dimana Axl butuh waktu hampir 4 tahun untuk menemukan Bumblefoot, kepergian Finck nampaknya sedikit ‘diremehkan’ oleh Axl. Keputusannya menarik seorang gitaris ‘antah berantah’ dalam waktu kurang dari 2 tahun sejak keluarnya Finck jelas mengandung risiko besar. Dari keputusan tersebut, bahwa sepertinya Axl sengaja mencari nama baru agar otoritasnya sebagai ‘pimpinan’ Gn’R tidak diganggu gugat. Hal ini jelas berbeda dengan Buckethead ataupun Robin Finck yang sebelumnya telah memiliki nama besar, dan jelas tidak akan langsung mengangguk saat Axl mengajukan konsep musik untuk didiskusikan. Polosnya Ashba jelas tergambar dalam statementnya, sesaat setelah Gn’R positif merekrutnya. “Sebuah kehormatan tersendiri bisa menjadi salah satu bagian dari rangkaian tur Guns N’Roses nanti, dan yang pasti sangat senang karena saya bisa bermain dengan band yang saya cintai”
Salah satu alasan Axl merekrut Ashba adalah penampilannya yang gothic, mirip dengan style Robin Finck di awal karirnya bersama Gn’R. Selai itu, aksi panggungnya yang enerjik juga disinyalir memperkuat kecintaan Axl terhadap gitaris yang mempunyai nama depan Daren Jay ini. “Dj seorang gitaris yang cukup enerjik dan sangat cocok dengan apa yang Guns N’ Roses inginkan. Oleh karena itu kami sangat tertarik sekali untuk bekerjasama dengannya!” ungkap Axl. Satu hal unik adalah, tercipta kondisi dimana Axl merekrut seorang teman Slash untuk Gn’R. Ini adalah keadaan yang jarang terjadi. diketahui bagaimana Zakk Wylde menolak pinangan Axl karena ia berteman dengan Slash. Juga Sebastian Bach yang menolak menjadi vokalis  Velvet Revolver karena ia sahabat Axl Rose. Kehadiran DJ Ashba telah mendobrak segala peraturan tidak tertulis itu! Namun sebuah pertanyaan klasik kembali mengapung, apakah Ashba dapat mengisi kekosongan yang ditinggalkan Slash? Lebih kejam lagi, apakah Ashba dapat bertahan untuk tidak menyusul Tobias, Buckethead dan Robin Finck?
Well, bagaimanapun Axl sudah memutuskan bahwa pria bertato ini adalah The New Guns N’ Roses Guitarist, dan tidak siapapun yang dapat membantahnya kecuali Tuhan. Pastinya kita semua tahu bahwa Axl tidak pernah sembarangan dalam memilih personel. Bumblefoot adalah contoh terakini bagaimana Axl menemukan mutiara yang terpendam di lautan lumpur. Axl adalah talent scout yang jempolan. Ia tidak memilih personel berdasarkan nama besar, tidak juga kemampuannya. Ia selalu mengkomparasikan teknik bermain seseorang dengan lagu-lagu Gn’R yang ada di benaknya. Itulah sebabnya para personel The New Gn’R tidak selalu merupakan master instrument, tapi lebih mengedepankan style dan kemampuan mereka mengadaptasikan diri dengan lagu-lagu Gn’R. Kini kita tinggal menunggu apakah Ashba dapat menjawab ekspetasi tinggi tersebut dalam konser teranyar Gn’R di musim panas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar