Selasa, 12 Juni 2012

Album Chinese Democracy


Album baru Guns N' Roses dengan titel Chinese Democracy telah dirilis pada tanggal 23 November 2008 yang lalu. Proses pengerjaan album ini memakan waktu paling lama dalam sejarah musik rock dunia, yaitu 14 tahun. Chinese Democracy mulai dikerjakan pada tahun 1994, setahun setelah Guns N' Roses merilis album cover berisi lagu-lagu lawas milik band idola mereka, The Spaghetti Incident yang tidak begitu sukses di pasaran. Dalam kurun waktu tersebut, GN'R mengalami pergantian personil, dari hengkangnya sang gitaris Slash, disusul dengan Duff McKagan (bass) dan Matt Sorum (drums) sehingga akhirnya hanya Axl Rose sendiri satu-satunya founding member yang tinggal. 

penyebab hengkangnya para personil GN'R adalah adanya perbedaan pendapat antara Axl dan Slash. Axl yang punya ide untuk memberi warna baru pada musik GN'R dengan menyajikan musik industrial, bertolak belakang dengan Slash yang ingin GN'R tetap konsisten dengan jalur musik yang mereka usung, yaitu hard rock. Perbedaan antara sang vokalis dan gitaris ini tidak pernah berujung pada titik temu, sehingga pengerjaan album baru mereka tidak kunjung selesai, bahkan satu lagupun tidak dapat dihasilkan  dan akhirnya Slash memutuskan keluar dari GN'R pada tahun 1996.

Karena merasa tidak ada perkembangan yang berarti dalam penggarapan album baru mereka, akhirnya pada tahun 1997 Duff dan Matt pun hengkang juga dari GN'R. Setelah ditinggalkan sang gitaris dan sang bassit yang telah bersama sejak GN'R pertama kali dibentuk tahun 1985, Axl pun merekrut gitaris Nine Inch Nails, Robin Finck dan bassist Tommy Stinson. Sedangkan posisi drummer yang ditinggalkan Matt Sorum diisi oleh Josh Freese. Axl pun merekrut seorang programmer, Chris Pitmann.

Pada awal tahun 1998, Guns N' Roses yang waktu itu beranggotakan: Axl Rose (vocal), Robin Finck (guitar), Paul Tobias (guitar), Tommy Stinson (bass), Dizzy Reed (keyboards), Chris Pitman (Keyboards/Synthesizer) dan Josh Freese (drums) mulai masuk studio yang sama dimana dulu beberapa lagu di album Appetite for Destruction direkam, Rumbo Recorder. Pihak Geffen Records menyambut baik hal ini dan memberikan stimulus dengan memberikan bonus 1 juta USD pada sang frontman Axl Rose, dan 1 juta USD lagi akan diberikan jika album Chinese Democracy selesai sebelum 1 Maret 1999.

Namun Chinese Democracy tak kunjung usai pada deadline yang telah ditentukan dan hal ini membuat berang pihak Geffen Records. Di sebuah interview, ketika ditanya mengenai kapan Chinese Democracy akan dirilis, salah seorang petinggi di perusahaan rekaman tersebut mengatakan bahwa penyelesaian album baru GN'R merupakan kewajiban Axl, bukan Geffen. Meskipun belum juga merilis album, tapi tahun 1999 GN'R merilis single "Oh My God" yang menjadi OST film Days of Thunder.
Tahun 2000, GN’R mengalami perombakan personil lagi, Paul Tobias dan Josh Freese cabut. Axl pun merekrut Bryan “Brain” Mantia dan gitaris Avant Garde Metal, Buckethead. Berbeda dengan pasangan gitaris sebelumnya  Slash & Izzy Stradlin, Slash & Gilby Clarke, maupun Robin Finck & Paul Tobias  dimana salah satu gitaris adalah lead guitarist dan yang lain rhythm guitarist, kali ini pasangan Robin Finck dan Buckethead adalah sama-sama lead guitarist.

Meskipun belum juga merampungkan album baru, formasi ini menunjukkan eksistensi Guns N’ Roses dengan tampil dalam beberapa event, sebut saja di Las Vegas, Nevada pada tahun 2001, Rock in Rio III di tahun yang sama, dan MTV Video Music Awards 2002. Pada penampilan di MTV VMA tersebut, GN’R tidak hanya membawakan satu lagu baru ”Madagascar”  yang konon telah masuk dalam track list Chinese Democracy  namun juga memperkenalkan personil baru, Richard Fortus sebagai rhythm guitarist.

Setelah penampilan mereka di MTV VMA 2002, GN’R kembali absen dari dunia musik. Tidak terdengar kabar dari band besar ini, kecuali Buckethead mengundurkan diri pada tahun 2004. Cabutnya Buckethead membuat Axl mencari gitaris baru. Akhirnya atas rekomendasi dari gitaris papan atas Joe Satriani, Axl menerima Ron ”Bumblefoot” Thal bergabung dengan GN’R, mendampingi Robin Finck menjadi lead guitarist. Sebelumnya Bumblefoot adalah gitaris Leonard Limoy, sebuah band asal amrik yang membawakan lagu-lagu GN’R.

Setelah ditinggalkan Slash, tampaknya Axl tidak nyaman dengan kehadiran seorang lead guitarist saja dalam GN’R, apakah karena dia merasa sulit untuk menemukan gitaris yang layak menggantikan Slash, hingga diperlukan dua orang gitaris untuk mengimbangi kharisma seorang Slash? Tak seorangpun tahu, tapi setiap gitaris pasti mempunyai gaya permainan sendiri dan mereka tidak ingin berada di bawah bayang-bayang siapapun, bahkan seandainya kebeadaan mereka di sebuah band adalah sebagai pengganti.

Pada tahun 2006, lewat situs resmi GN’R, Axl mengatakan, ”People will hear music this year” Sebuah pernyataan yang sangat wajar jika diartikan bahwa Chinese Democracy akan dirilis di tahun tersebut.
Namun sampai penghujung tahun 2006, tidak ada tanda-tanda bahwa Chinese Democracy akan dirilis, sampai akhirnya pada bulan Desember 2006, situs resmi GN’R mengumumkan jadwal sementara peluncuran album Chinese Democracy, yaitu 6 Maret 2007. Hmm... penundaan yang kesekian kalinya hanya untuk peluncuran album baru sebuah band.
Meskipun telah disebutkan 6 Maret 2006 sebagai jadwal tentatif peluncuran Chinese Democracy, tampaknya para penggemar GN’R masih harus bersabar (lagi), karena mendekati hari H, bukannya konfirmasi yang muncul dari sang Road Manager, Del James, tapi pembatalan jadwal dan belum ada tanggal pasti untuk peluncuran Chinese Democracy. Namun, sang manager memastikan bahwa proses rekaman telah selesai dan saat itu sedang dalam proses mixing dan dia menjamin bahwa semuanya akan terus bergulir maju.



Setelah tertunda sekian lama, akhirnya Chinese Democracy resmi dirilis pada tanggal 23 November 2008. Mendahului albumnya, beberapa single telah dirilis lebih dahulu yaitu: ”Shacker’s Revenge” yang masuk dalam daftar lagu game musik, Rock Band 2; ”If the World” yang menjadi OST Body of Lies, sebuah film yang dibintangi oleh Russel Crowe dan Leonardo di Caprio; dan lagu dengan judul sama dengan judul album, ”Chinese Democracy”
Pada saat Chinese Democracy dirilis, formasi GN’R masih sama seperti pada tahun 2004, kecuali Bryan Mantia yang keluar pada tahun 2006 dan digantikan oleh Frank Ferrer. Dengan demikian, maka perosnil GN’R pada peluncuran album tersebut adalah:
  • W. Axl Rose ..................................... Lead & Backing Vocals, Piano
  • Robin Finck ………………………………. Lead & Rhythm Guitars, Backing Vocals
  • Ron “Bumblefoot” Thal ……………… Lead & Rhythm Guitars
  • Richard Fortus …………………………… Rhythm Guitar, Backing Vocals
  • Tommy Stinson …………………... …….Bass, Backing Vocals
  • Dizzy Reed ……………………….. ……….. Keyboards
  • Chris Pitman ………………………………. Synthesizer, Programming
  • Frank Ferrer ……………………............... Drums, Percussions
Dengan formasi seperti itu, mungkin GN’R termasuk dalam salah satu band papan atas dengan personil terbanyak, termasuk mantan personil yang terlibat dalam pembuatan album Chinese Democracy, sebut saja seperti Paul Tobias dan Buckethead (guitars), Josh Freese dan Bryan Mantia (drums)

Dalam album ini, Axl juga bekerjasama dengan musisi ternama seperti Sebastian Bach (mantan vocalis Skid Row) sebagai backing vocals dalam lagu “Sorry” dan Bryan May (gitaris Queen) yang mengisi gitar pada lagu “Catcher In The Rye”. Tak heran, jika melody pada lagu Catcher In The Rye sangat bernuansa Queen. Namun, pada saat proses mixing, tiba-tiba Axl memilih tidak menampilkan bagian yang telah dimainkan Bryan May. Porsi solo gitar Bryan May dimainkan kembali oleh Bumblefoot. Banyak pihak menyayangkan hal itu, bahkan beberapa penggemar Bryan May mengecam Axl atas “ketidaksopanan” itu dan menilai Axl telah bersikap kurang ajar terhadap musisi papan atas yang jauh lebih senior tersebut. Namun, saat dikonfirmasi tentang hal ini, Bryan May tampaknya tak ambil pusing dengan menjawab, “Album Chinese Democracy adalah milik Axl dan teman-teman di Guns, dia (Axl) bebas berbuat apapun”

Secara umum, album ini bagus namun jangan berharap musik yang disuguhkan sama seperti lagu-lagu GN’R dalam Appetite for Destruction atau Use Your Illusion I dan II, sangat berbeda. Jika Appetite adalah album Classic Rock yang bernuansa Raw, Use Your Illusion adalah album Rock yang kaya dengan berbagai sentuhan, dari -pop, blues, country sampai punk, namun masih dominan dengan instrumen gitar yang merupakan ciri khas musik rock, Chinese Democracy adalah album Industrial Rock yang penuh dengan suara-suara hasil rekayasa instrumen musik elekrik, editing dan programming. Tampaknya Axl benar-benar ingin membawa GN’R menyeberang ke jalur musik yang berbeda.
Lagu:     - Chinese Democracy     - This I Love                        - Scrapped          - Riad n The Bedouins
- Shacklers Revenge       - Prostitute                         - Sorry                   - Madagascar
- Better                                                - Street of dreams           - I.R.S
                - If The world                     - There WAS A time        - Catcher in the rye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar